Apa Pengertian dan Tugas Dari Pengacara Pajak

Pengacara Pajak

Orang pribadi atau orang pribadi yang usahanya memberikan bantuan kepada atau mewakili Wajib Pajak atau pihak yang berselisih dalam persidangan di Pengadilan Pajak disebut sebagai Kuasa Pajak. Seperti itu penjelasan definisi sebenarnya dari kata “pengacara pajak”.

Untuk memenuhi tanggung jawab tersebut, seorang pengacara pajak harus terlebih dahulu mendapatkan surat kuasa khusus dari wajib pajak dan kemudian mengajukan permohonan izin kepada Sekretariat Pengadilan Pajak. Selain itu, seperti yang telah dibahas sebelumnya, seorang pengacara pajak wajib memenuhi prasyarat yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang mengatur bidangnya.

 

Konsultan pajak

Apa pendapat Anda tentang menyewa konsultan pajak? Orang atau badan yang memberikan jasa dalam rangka konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak agar Wajib Pajak dapat melaksanakan hak dan kewajibannya terkait dengan masalah perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dianggap sebagai Konsultan Pajak dan memenuhi pengertian istilah “konsultan pajak”.

Berbeda dengan Pengacara pajak yang mendampingi dan mewakili pihak-pihak yang bersengketa di Pengadilan Pajak, konsultan pajak memberikan pelayanan mulai dari konsultasi hingga administrasi perpajakan seperti pengisian SPT, PPh, pemeriksaan pajak, dan sebagainya. Pengacara pajak juga mendampingi dan mewakili pihak-pihak yang bersengketa di Pengadilan Pajak. Dengan cara yang sama seperti pengacara pajak, seseorang harus memenuhi standar yang tercantum di bawah ini untuk menjadi konsultan pajak:

  • Seseorang yang berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), bertempat tinggal di Indonesia, dan telah menunjukkan perilaku yang baik melalui surat.
  • bebas dari kewajiban yang dibebankan oleh jabatannya sebagai pegawai atau pejabat pada suatu instansi pemerintah atau BUMN/BUMD.
  • Sudah mendapatkan NPWP.
  • telah diakui oleh Direktorat Jenderal Pajak sebagai anggota dari salah satu Asosiasi Konsultan Pajak yang telah diakui oleh Direktorat.
  • Sudah memiliki akreditasi sebagai konsultan pajak, baik level A, level B, maupun level C tergantung tingkat kesulitan masalah yang dihadapi.

Layanan yang ditawarkan oleh pengacara pajak dan layanan yang ditawarkan oleh konsultan pajak adalah salah satu cara untuk membedakan keduanya. Berikut ini adalah contoh layanan yang ditawarkan oleh konsultan pajak:

 

Konsultasi untuk Pajak

Jasa konsultan pajak, sesuai dengan namanya, memberikan jasa konsultasi terkait masalah perpajakan. Hal-hal tersebut dapat berupa pengisian SPT Tahunan, cara penghitungan pajak penghasilan, dan berbagai persoalan lainnya. Ada juga pilihan untuk melakukan konsultasi pajak secara online.

 

Ketaatan hukum pajak

Wajib pajak dapat memperoleh manfaat dari bantuan konsultan pajak dengan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai peraturan dan perundang-undangan perpajakan. Wajib pajak dapat lebih mudah melaksanakan kewajiban dan hak perpajakannya dengan cara ini, dan mereka tidak lagi bingung bagaimana melakukannya. Hal ini memberikan kontribusi untuk tingkat yang lebih besar dari kepatuhan wajib pajak dengan tugas pajak mereka.

 

Pemeriksaan Laporan Pajak

Pelayanan tambahan yang diberikan oleh konsultan pajak adalah pemeriksaan SPT Wajib Pajak untuk mengetahui akurat atau tidaknya jumlah pajak yang telah dibayar Wajib Pajak. Tinjauan pengembalian pajak sangat membantu dalam menurunkan kemungkinan kesalahan akan dibuat dalam jumlah total uang yang dibayarkan dalam pajak.

 

Pengembalian Pajak

Banyaknya komponen yang wajib dicantumkan dalam laporan pajak, selain peraturan yang selalu diperbaharui, kedua faktor tersebut semakin memungkinkan terjadinya kesalahan dalam perhitungan pajak. Karena salah satu kesalahan dalam perhitungan ini, wajib pajak akhirnya membayar pajak lebih kepada negara. Dalam hal terjadi hal serupa, Wajib Pajak mempunyai pilihan untuk mengajukan klaim pengembalian kelebihan pajak melalui proses tertentu.

Dalam skenario ini, tugas membantu dalam pengumpulan data dan dokumen untuk mengurus pengembalian kelebihan pajak atau restitusi dari awal prosedur sampai dengan penyelesaian pembayaran kelebihan pajak telah dilimpahkan kepada seorang konsultan pajak.

 

Bantuan Pemeriksaan Pajak

Konsultan pajak memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu kliennya yang merupakan wajib pajak selama proses pemeriksaan pajaknya oleh otoritas terkait. Minimnya informasi yang dimiliki Wajib Pajak di bidang perpajakan seringkali membuat Wajib Pajak bingung dan tidak mampu memberikan jawaban yang tepat atas pertanyaan yang diajukan oleh pemeriksa.

Selama pemeriksaan, petugas pajak akan mengajukan pertanyaan, dan konsultan pajak dapat membantu memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut sehingga tidak ada halangan yang berarti. Selain itu, merupakan tanggung jawab ahli pajak untuk menyiapkan semua dokumentasi yang diperlukan untuk audit.