Fungsi Penting Rekening Koran yang Perlu Anda Ketahui

Rekening koran adalah sebuah laporan yang diberikan bank kepada pemilik rekening.

Jika rekening yang Anda gunakan untuk perusahaan merupakan rekening yang spesifik untuk bisnis, maka rekening koran yang Anda terima sanggup berfungsi sebagai bukti laporan keuangan.

Rekening koran berisi berkenaan Info transaksi yang dilakukan oleh bank pada rekening berikut dan termasuk laporan saldo kas dari cek mutasi bank tersebut.

 

Bagian-Bagian dari Rekening Koran

Memahami bagian-bagian dari rekening koran terlampau perlu untuk mendapatkan kegunaan penuh dari dokumen ini.

Informasi dasar di bawah ini memudahkan pengguna untuk mengetahui transaksi dan information rekening.

Berikut adalah teliti bagian dari rekening koran secara umum.

 

a. Informasi Bank

Informasi kontak instansi keuangan Anda dapat tersedia di rekening koran.

Di dalam rekening koran mencantumkan nama bank, alamat, dan nomor telepon Customer Service bank yang bersangkutan.

Dengan Info bank ini, Anda sanggup dengan gampang menghubungi bank kalau berjalan perbedaan penyesuaian pada laporan keuangan akuntansi usaha Anda dengan rekening koran dari bank (Rekonsiliasi).

 

b. Informasi Bisnis

Di dalam rekening koran dapat tercantum Info berkenaan perusahaan atau usaha Anda. Seperti nama Anda sebagai pemilik bisnis, nama bisnis, alamat, dan nomor telepon.

 

c. Informasi Akun

Sedangkan Info akun menjelaskan berkenaan Info dasar berkenaan rekening bank Anda. Seperti nama pemilik rekening dan nomor rekening.

 

d. Tanggal Periode

Di dalam rekening koran dapat tercantum tanggal periode tiap tiap dokumen ini diterbitkan.

Misalnya, rekening koran yang terbit pada tanggal 1 November 2018 berisikan segala Info transaksi periode Oktober 2018, dari 1 Oktober hingga 31 Oktober 2018.

 

e. Ringkasan Akun

Terdiri dari saldo akun di awal dan akhir periode, total penarikan, dan total deposito. Ringkasan akun umumnya terletak di dekat bagian atas halaman rekening koran.

 

f. Ringkasan Transaksi

Sedangkan pada ringkasan transaksi dapat terlihat paling menonjol dalam rekening koran. Ringkasan transaksi berisikan daftar tiap tiap transaksi yang berjalan selama satu periode yang diurutkan secara kronologis.

Untuk tiap tiap transaksi yang berjalan dapat tercantum tanggal, deskripsi, kuantitas nominal transaksi yang terjadi, dan saldo akun sesudah transaksi.

Fungsi Penting Rekening Koran

Setelah Anda mengetahui bagian-bagian dari rekening koran secara mendetail, Anda termasuk kudu mengetahui kegunaan dokumen ini.

Berikut adalah empat kegunaan dari rekening koran secara lazim bagi perusahaan atau usaha Anda.

a. Mencatat Segala Pengeluaran

Dokumen ini sedia kan catatan berkenaan seluruh pengeluaran Anda lebih-lebih kalau Anda gunakan cek, kartu debit, atau kartu kredit sebagai metode pembayaran pilihan Anda.

Dokumen ini memberi Info ke mana dan buat apa saja uang yang Anda keluarkan.

Jika Anda mengidamkan menyebabkan anggaran tetapi tidak mengetahui berapa banyak uang yang dialokasikan ke dalam tiap tiap kategori biaya, information dari laporan ini Anda sanggup jadi sumber acuan yang tepat.

 

b. Aktivitas Akun

Rekening koran termasuk memberi mengetahui Anda berapa banyak uang yang Anda miliki di rekening bank pada awal hingga akhir akuntansi, berapa banyak yang Anda simpan dan berapa banyak yang Anda keluarkan.

Dokumen ini termasuk menjelaskan style bunga apa pun yang dikreditkan ke akun Anda.

 

c. Rekonsiliasi Akun

Salah satu kegunaan utama dari rekening koran Anda adalah sedia kan layanan untuk merekonsiliasi laporan keuangan Anda.

Proses ini membandingkan kuantitas nominal rekening bank di laporan keuangan Anda dengan laporan langsung dari bank untuk memastikan kecocokannya.

Penting untuk merekonsiliasi rekening koran Anda dikarenakan kalau di suatu keadaan Anda mengira bahwa kuantitas kas di bank menurut laporan keuangan Anda membuktikan nominal yang besar, padahal tidak menurut kas di saldo riil bank Anda, maka Anda sanggup secara sembrono membelanjakannya dan dapat berakibat lebih runyam ke depannya.

Melakukan proses rekonsiliasi bank termasuk dapat mengutarakan biaya tak terduga atau pengeluaran tidak valid dalam akun kas di bank Anda.

Lebih lanjut berkenaan pengeluaran tidak valid dapat dijelaskan di poin berikutnya.d. Pengeluaran yang Tidak Valid
Laporan mutasi bank yang berjalan di rekening tabungan, rekening giro, atau rekening kartu kredit Anda barangkali digabungkan pada satu rekening koran atau dilaporkan secara individual.

Pengeluaran tidak valid sanggup berjalan ketika salah satu akun Anda disusupi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Misalnya, seseorang telah mendapatkan akses ke kartu kredit.

Anda dapat menyadarinya ketika Anda lihat tagihan tidak valid, yang dirasa, tidak dulu jalankan pengeluaran apa pun di suatu periode, di hasil rekonsiliasi pada laporan keuangan Anda dengan rekening koran dari bank.

Anda sanggup meminimalisasi risiko berikut dengan sesegera barangkali melaporkan pengeluaran tidak valid ini ke pihak bank.

e. Memberikan Informasi

Dokumen ini sanggup mengimbuhkan Info berkenaan saldo awal bulan, mutasi debit, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan pada periode tertentu.

Seluruh aktivitas transaksi dapat berisi lengkap dengan tanggal dan jam transaksi termasuk keterangan yang umumnya mencantumkan nasabah kala dapat jalankan transfer dana antar rekening.

Nasabah termasuk dapat terima Info berbentuk biaya-biaya, berbentuk biaya administrasi hingga bunga yang mendapatkan tiap tiap bulannya.

Dengan begitu, seluruh transaksi sanggup mengeketahui dengan gampang dan terperinci.

Biasanya bank dapat mencetak rekening koran pada periode spesifik layaknya tiga atau enam bulan.

Jika Anda membutuhkan Info lebih dari periode tersebut, Anda sanggup mengajukannya pada costumer service.

 

f. Pembuktian Hukum

Saat ini, kerap berjalan persoalan hukum berkenaan transaksi. Contoh kasus, Anda jalankan belanja online dengan pembayaran secara transfer.

Namun, toko online yang menjual barang menjadi tidak dulu terima transfer tersebut.

Maka, untuk kepentingan komplain Anda sanggup gunakan rekening koran sebagai bukti.

Di sana terkandung catatan yang membuktikan bahwa transfer telah atau belum melakukan.

 

g. Syarat Mengajukan Pinjaman

Biasanya perusahaan yang mengidamkan mengembangkan bisnisnya membutuhkan modal tambahan. Oleh dikarenakan itu lebih dari satu perusahaan dapat mengajukan utang modal usaha ke bank. Hal ini tentu membutuhkan peristiwa atau riwayat transaksi yang baik sebagai dokumen permohonan pinjaman.

Biasanya, pemohon mengharuskan membuktikan bukti aktivitas transaksi dengan membuktikan bukti rekening koran miliknya.

Tidak cuma itu saja, peminjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maupun Kredit Tanpa Agunan (KTA) termasuk membutuhkan rekening koran sebagai dokumen yang berharap oleh pihak bank.

Hal ini jalankan untuk membuktikan bahwa tersedia rangkaian keuangan yang sehat pada rekening nasabah.

 

h. Pencocokan Transaksi Bisnis

Setiap usaha tentu miliki transaksi keuangan yang jalankan lewat rekening bank.

Dengan miliki rekening koran, Anda sanggup lebih gampang dalam jalankan pencocokan transaksi keuangan Anda dengan transaksi bank.

Pencocokan ini kerap disebut dengan proses rekonsiliasi keuangan atau rekonsiliasi bank.

Proses ini umumnya dilakukan di akhir periode, di mana seorang akuntan dapat mencocokkan saldo pada bank dan saldo yang tercatat pada transaksi bisnis.