Terapkan 9 Trik Ini untuk Menarik Pelanggan

Bisnis makanan jadi salah satu usaha yang digandrungi banyak orang, lebih-lebih banyak muda. Apalagi kuantitas entrepreneur makanan rumahan meningkat sepanjang pandemi. Banyak orang yang menggunakan keahlian memasaknya untuk memulai usaha makanan dan meningkatkan penghasilan.

Bisnis makanan dan minuman atau food plus beverage (F&B) memang keliru satu industri bersama pertumbuhan yang pesat dan potensi pasar yang besar, mengingat orang Indonesia gemar mencoba beraneka cemilan dan makanan unik baru. Namun, untuk dapat sukses membangun usaha makanan dibutuhkan lebih dari sekadar skill memasak.

Ada faktor-faktor lainnya yang juga turut menentukan kesuksesan usaha makanan, seperti trik pemasaran dan promosi. Bagi Anda yang baru memulai usaha makanan, review 9 trik selanjutnya supaya Anda dapat menarik pelanggan!Walaupun punyai peluang yang menjanjikan produk dinamis yang terbaik, banyaknya usaha makanan yang bermunculan juga membawa dampak kompetisi di industri ini jadi tinggi. Jika Anda tidak dapat menawarkan suatu hal yang menarik, pelanggan dapat bersama ringan berganti ke kompetitor.

Maka itu, Anda kudu dapat berpikir kreatif di dalam menciptakan menu-menu makanan yang menarik. Coba kembangkan menu makanan yang unik, dapat dari segi rasa maupun penampilan supaya meningkatkan rasa penasaran orang. Jangan lupa untuk tetap berinovasi dan menawarkan produk kuliner yang beragam supaya pelanggan yang sudah ada tidak ringan bosan.

Menu yang Unik dan Variatif

Walaupun punyai peluang yang menjanjikan, banyaknya usaha makanan yang bermunculan juga membawa dampak kompetisi di industri ini jadi tinggi. Jika Anda tidak dapat menawarkan suatu hal yang menarik, pelanggan dapat bersama ringan berganti ke kompetitor.

Maka itu, Anda kudu dapat berpikir kreatif di dalam menciptakan menu-menu makanan yang menarik. Coba kembangkan menu makanan yang unik, dapat dari segi rasa maupun penampilan supaya meningkatkan rasa penasaran orang. Jangan lupa untuk tetap berinovasi dan menawarkan produk kuliner yang beragam supaya pelanggan yang sudah ada tidak ringan bosan.

 

Buat Kemasan yang Menarik

Selain dari makanannya, kemasan juga dapat menentukan ketertarikan orang terhadap usaha makanan. Anda dapat membawa dampak kemasan yang sesuai bersama obyek pasar dan branding bisnis.

Misalnya, kecuali Anda memasarkan usaha sebagai usaha yang sehat dan go-green, Anda dapat menggunakan kemasan paper bag hasil daur ulang. Jika obyek pasar anak muda, Anda dapat menggunakan kemasan bersama desain yang unik. Kemasan yang menarik juga akan membawa dampak usaha nampak lebih profesional.

 

Daftarkan di Platform Pencarian Restoran

Menurut riset Nielsen, 58% masyarakat Indonesia belanja makanan siap santap (fast food) melalui aplikasi secara online melalui smartphone. Banyak orang pun menggunakan aplikasi atau situs pencarian restoran dan ulasan makanan online sebelum saat mengambil keputusan area makan yang menghendaki mereka kunjungi.

Anda dapat mendaftarkan usaha kuliner terhadap platform tersebut, jadi dari fitur Google My Business sampai aplikasi tertentu penggemar kuliner seperti Zomato. Jadi para pengguna aplikasi dapat menemukan usaha makanan Anda. Apabila usaha Anda punyai review yang bagus, pasti orang-orang akan makin lama tertarik untuk mencoba makanan yang ditawarkan.

Manfaatkan Media SosialSaat ini fasilitas sosial jadi salah satu fasilitas paling efisien untuk memasarkan bisnis. Terapkan trik branding dan pemasaran bersama terus menerus dan sesuai bersama obyek pasar. Gunakan profil yang menarik supaya orang yang mendatangi tertarik untuk memesan.

 

Dengan foto yang bagus, Anda dapat memastikan orang bahwa makanan selanjutnya aman dan berkualitas. Selain untuk mempromosikan makanan, Anda juga dapat beroleh information atau insights mengenai calon pelanggan potensial.

Jangan lupa juga untuk membangun pertalian bersama konsumenmu. Bangun pertalian bersama mereka, seumpama bersama memposting lagi hasil foto makanan yang diambil oleh pelanggan. Hal ini akan membawa dampak mereka jadi lebih dilibatkan dan jadi anggota dari bisnismu.

Saat ini fasilitas sosial seperti Instagram sudah punyai beraneka fitur yang dapat anda menggunakan untuk meningkatkan pertalian bersama konsumen. Selain melalui fasilitas sosial, anda juga dapat berharap rating dan review dari customer supaya anda juga terima masukan untuk mengembangkan bisnis.

 

Kerjasama bersama Influencer

Agar popularitas usaha makanan Anda cepat meningkat, Anda dapat bekerja mirip bersama influencer. Pilih influencer yang memang biasa mengunggah konten-konten yang terkait bersama makanan seperti food blogger atau vlogger. Anda dapat menawarkan makanan secara gratis kepada mereka untuk mereka review dan unggah di fasilitas sosial. Dengan langkah ini, usaha makanan Anda jadi dapat makin lama dikenal.

 

Jaga Kualitas Makanan

Citarasa makanan yang lezat dan memiliki kualitas dapat membawa dampak usaha Anda jadi bahan pembicaraan orang dari mulut ke mulut, supaya usaha makin lama dikenal bersama sendirinya. Agar pelanggan berkenan lagi belanja makanan yang Anda jual, Anda kudu dapat melindungi mutu makanan baik dari segi rasa maupun bahan-bahan yang digunakan.

Pastikan bahwa makanan yang Anda menjual punyai standar rasa yang stabil. Anda juga dapat membuktikan bahwa makanan yang dibikin menggunakan bahan-bahan yang sehat dan memiliki kualitas untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

 

Berikan Promo

Salah satu langkah paling ringan untuk menarik pelanggan saat baru memulai usaha adalah bersama menawarkan beraneka promo menarik. Ada banyak promo yang dapat Anda berikan jadi dari promo buy 1 get 1, gratis ongkir, diskon, dan banyak lagi.

Anda juga dapat menggunakan kuis atau reward untuk membagikan promo sekaligus meningkatkan awareness, seumpama membawa dampak kuis dimana peserta kudu follow account fasilitas sosial usaha kuliner Anda bersama tag teman mereka untuk memenangkan promo.

 

Berikan Pelayanan yang Baik

Terakhir dan tak kalah penting, senantiasa berikan layanan yang ramah, sopan, dan responsif. Layani pertanyaan atau chat dari calon pelanggan bersama baik. Tanyakan pendapat atau masukan dari mereka. Jika layanan Anda buruk, pelanggan dapat pergi ke kompetitor.

Salah satu yang kudu diperhatikan terkait mutu layanan adalah pengiriman. Anda kudu dapat memastikan makanan di terima pas saat dan aman oleh pembeli. Semakin cepat Anda dapat mengirimkannya ke pelanggan, akan makin lama baik.

Jika Anda mengakses pre-order (PO), Anda kudu memahami batas pesanan yang dapat di terima supaya tidak kewalahan saat membawa dampak makanan maupun saat pengiriman. Apabila Anda menjajakan makanan yang peka terhadap suhu seperti es krim, Anda kudu dapat menjamin bahwa makananmu tetap di dalam kondisi terbaiknya saat di terima pelanggan.

Agar dapat mobilisasi usaha makanan bersama efisien dan memberikan layanan yang terbaik, Anda dapat bekerja mirip bersama jasa pengiriman seperti Lalamove. Dilengkapi bersama fitur-fitur seperti multi-stop dan Lalabag, Anda dapat kirim makanan ke lebih dari satu area di dalam sekali pesan dan melindungi temperatur makanan supaya senantiasa aman. Jadi Anda dapat menjangkau lebih banyak customer dan juga menjamin kepuasan pelanggan.